Lelang Seni Indian Amerika: Beadwork


Seni Indian Amerika mencakup banyak jenis seni dan kerajinan, dari seni asli Amerika yang lebih tradisional dan stereotip seperti karya manik-manik dan tembikar, hingga fotografi modern, lukisan halus, patung dan sejenisnya. Ada banyak lelang seni, baik online maupun off, yang menampilkan bentuk seni India Amerika ini.

Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu cabang seni India Amerika yang paling tradisional dan relevan secara historis: beadwork. Beadwork dari penduduk asli Amerika telah dan memiliki praktis serta dekoratif; utilitarian serta makna simbolik yang kaya.

Lelang Seni Indian Amerika: Beadwork
Lelang Seni Indian Amerika: Beadwork

Manik-manik dan pembuatan manik-manik itu sendiri adalah kerajinan yang sangat tua. Batu, manik-manik tulang dan cangkang (seperti pirus dan batu semi mulia) masih dibuat dengan cara kuno yang sama. Sedikit terpengaruh oleh teknologi modern, pembuatan manik-manik masih dilakukan dengan cara yang hampir sama persis dengan yang dilakukan manusia ribuan tahun yang lalu.

Potongan manik-manik kerang adalah salah satu bagian yang paling populer dan terkenal dari kepentingan perdagangan regional selama ribuan tahun. Hampir setiap orang telah melihat karya seni Indian Amerika, mulai dari kalung manik-manik hingga dompet, ikat pinggang dan semacamnya.

Selama beberapa dekade terakhir, manik-manik modern telah direplikasi di pabrik-pabrik oriental dan diimpor dengan sangat murah. Ini membuatnya menjadi faktor yang bersaing terhadap manik-manik kualitas terbaik yang dilakukan oleh pengrajin India Amerika. Orang-orang kerajinan asli Amerika telah kehilangan beberapa juta dolar (lebih dari periode delapan tahun selama tahun 1980-an) karena manik-manik asli dan potongan manik-manik.

Secara historis, manik-manik diukir dari cangkang kura-kura, tanduk binatang dan kuku rusa. Ini sering digunakan untuk membuat potongan-potongan berderak atau berdenting digunakan dalam tarian. Para pemburu sering mengenakan kalung yang disatukan dengan bagian-bagian hewan, seperti cakar beruang atau cakar serigala. Ini menunjukkan kecakapan pemburu. Tulang dan biji sering dikukus untuk melunakkan mereka untuk merangkai dan / atau menekuk menjadi berbagai bentuk.

Sebagai contoh beadwork yang digunakan untuk tujuan paling praktis, Liga Iroqois (Haudenosee) menggunakan rantai wampum putih dan ungu yang terbuat dari kerang kerang air tawar untuk merekam upacara sakral, perjanjian dan lagu. Praktek ini digunakan baik sebelum dan sesudah kedatangan pemukim Eropa.

Banyak jenis perjanjian dicatat dengan rantai manik-manik tersebut. Mereka sangat dihargai dan dirawat oleh pemiliknya. Pemukim Eropa salah mengira perawatan ini dan penghormatan untuk manik-manik wampum sebagai tanda bahwa manik-manik memegang signifikansi moneter. Dengan demikian, mereka secara keliru mengira bahwa kata 'wampum' merujuk pada uang, padahal sebenarnya manik-manik penting ini lebih seperti dokumen asli yang sangat penting.

Untuk merangkai manik-manik, penduduk asli Amerika menggunakan otot binatang yang dibelah sangat halus untuk melekatkan manik-manik pada pakaian, meskipun serat tanaman yang kuat seperti kulit jamban atau jelatang digunakan untuk tujuan ini.

Saat ini, orang Navajo dan juga beberapa orang pueblo masih membuat jenis manik kuno yang disebut heishii. Ini sejauh ini merupakan jenis manik-manik yang paling populer dan jumlah tinggi yang masih dibuat hari ini seperti di zaman kuno. Kalung ini juga disebut kalung cerita karena dapat digunakan untuk bercerita, dengan masing-masing manik mewakili karakter.

Manik-manik dan manik-manik merupakan bagian yang sangat penting dari eksplorasi arkeologis sejarah pra-Eropa. Manik-manik telah bertahan ribuan tahun dan menceritakan banyak kisah menarik tentang saat-saat yang tidak ingin kita saksikan. Hal ini terutama berlaku sehubungan dengan manik-manik gila kerang laut. Manik-manik kerang kuno telah ditemukan ribuan mil dari laut, yang menunjukkan berbagai rute perdagangan dan kontak di antara berbagai kelompok orang.

Saat ini seniman India Amerika bahkan membuat desain beadwork digital untuk membantu mereka membuat karya beadwork yang sebenarnya. Dengan cara ini desain dan potongan yang kompleks dapat diuji di layar sebelum proyek dimulai. Ini tentu saja menambah proses kreatif bagi banyak seniman manik-manik.

Beadworking menjalin sejarah asli baik di zaman kuno maupun dalam teknologi komputer modern saat ini. Namun, aspek terpenting dari beadwork bukanlah apa yang bisa dijual atau diperoleh, melainkan karya pribadi yang hanya diberikan di antara keluarga dan teman. Makna sebenarnya di balik karya-karya ini adalah asosiasi pribadi yang terkait dengan visi, perspektif penting, dan hal-hal lain yang ingin diingatkan seseorang.
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat. Berikan masukan dengan komentar atau kritik yang membangun agar web ini dapat berkembang
Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment