4 Jenis Obat Alergi Dingin Yang Perlu di Ketahui


Obat Alergi Dingin – Tidak semua orang dapat menghadapi udara dingin, terutama udara pada malam hari, biasanya ada yang langsung mendapat alergi ketika terkena udara dingin dan akan muncul bilur pada kulit yang menyebabkan kemerahan pada kulit dan akan terasa gatal.

Alergi dingin ini dikenal dengan istilah urtikaria dalam dunia medis, dan setiap orang dapat terkena alergi ini baik dewasa maupun anak-anak. Reaksi alergi yang ditimbulkan pun berbeda-beda, ada yang dapat kehilangan kesadaran, tekanan darah menurun dan dapat berakibat fatal pula.

Adapun beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh alergi dingin meliputi:
  • Bengkak-bengkak pada daerah kulit yang terkena dingin
  • Bilur-bilur kemerahan dan akan terasa gatal pada kulit
  • Bengkak pada bagian mulut dan tenggorokan saat mengkonsumsi makan atau minuman dingin
4 Jenis Obat Alergi Dingin Yang Perlu di Ketahui
4 Jenis Obat Alergi Dingin Yang Perlu di Ketahui
Alergi dingin biasanya dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari ataupun beberapa minggu, bahkan setelah berbulan-bulan. Sedangkan untuk obat alergi dingin, sebenarnya tidak ada yang khusus, namun ada beberapa obat alergi dingin yang dapat meringankan gejala alergi tersebut dan juga dapat membantu mencegah timbulnya gejala alergi dingin tersebut.


Ada beberapa obat alergi dingin yang bisa digunakan saat alergi kambuh, namun sebelum menggunakan obat alergi dingin sebagai perawatan, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk kondisi alergi dingin yang diderita, ada kemungkinan anda memerlukan obat alergi dingin dengan resep khusus yang lebih paten.
  • Antihistamin

Obat alergi dingin yang umum direkomendasikan khusus untuk perawatan alergi dingin adalah Antihistamin. Obat ini bekerja untuk menghalangi produksi histamin yang merupakan zat kimia vasoaktif  secara berlebih saat menerima rangsangan dingin.

Antihistamin merupakan obat alergi dingin yang umum digunakan dan membantu mengurangi sara gatal yang disebabkan alergi dingin. Antihistamin bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet, suntikan atau dalam bentuk krim, namun biasanya suntikan hanya diberikan untuk kasus alergi yang parah.
  • Kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik juga merupakan obat alergi dingin yang paling sering digunakan untuk perawatan pada peradangan kulit. Karena obat ini memiliki efek anti peredangan yang mendalam. Ada beberapa jenis steroid sistemik yang sering digunakan antara lain adalah prednisone dan prednisolon.

penggunaan obat ini harus dengan resep dokter atau komsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi, karena ada efek samping yang disebabkan saat mengkonsumsi obat ini, khususnya konsumsi obat ini dalam dosis yang tinggi.
  • Leukotriene antagonis

leukotriene antagonis merupakan obat alergi dingin yang biasanya diberikan khusus kepada penderita alergi dingin yang disertai dengan gejala sesak napas. Pada dasarnya obat ini digunakan untuk menangani asma, namun obat ini juga memiliki efek untuk alergi, seperti:
  1. Pengobatan alergi musiman (hay fever)
  2. Pengobatan alergi yang dipicu oleh debu tungau, spora jamur dan bulu binatang
  3. Pengobatan biduran, termasuk alergi dingin
  • Omalizumab atau Xolair

Omalizumab yang juga disebut Xolair merupakan obat alergi dingin lini kedua apabila penderita alergi tidak berhasil disembuhkan dengan obat lain yang telah diresepkan. Karena obat omalizumab atau xolair bukan obat yang dapat dikonsumsi secara sembarangan.

Omalizumab biasanya digunakan untuk mengobati alergi berat, karena setiap orang memiliki rangsangan berbeda saat mengalami alergi dingin. Ada yang dapat bertahan dan sembuh dengan cepat. Ada juga yang bertambah buruk.

Omalizumab merupakan obat yang harus diberikan secara teratur dan disuntikkan pada permukaan kulit setiap 4 minggu sekali.

Sebelum melakukan pengobatan apapun atau mengkomsumsi obat alergi dingin, berkonsultasilah dengan dokter terdekat untuk menangani alergi yang diderita atau dengan mengunjungi website generasimaju.co.id

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat. Berikan masukan dengan komentar atau kritik yang membangun agar web ini dapat berkembang
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment