Ketombe Datang Lagi! Atasi dengan 9 Cara Ampuh


Memiliki tubuh yang sehat adalah impian bagi sebagian orang. Tak terkecuali dengan rambut indah dan tanpa masalah ketombe. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengadopsi gaya hidup sehat, sebagai berikut. Dijamin, rambut akan terbebas dari masalah ketombe yang muncul kembali dan berkembang.

1. Kurangi penggunaan hairspray
Penguapan rambut memang bisa membuat gaya rambut Anda lebih tahan lama. Namun, menggunakannya terlalu sering justru bisa memicu rambut di kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut. Terutama jika residu kimiawi tetap ada di kulit kepala, membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi.

2. Berbahagialah!
Berpikir terlalu banyak tentang sesuatu itu tidak baik. Kebiasaan buruk ini akan membuat Anda rentan terhadap stres. Ketika kondisi tubuh dan pikiran melemah, penyakit ini menyerang pertahanan tubuh dengan lebih mudah. Termasuk ketombe rambut. Dalam kasus stres, kulit akan mudah teriritasi dan memudahkan proses reproduksi malassezia.

Ketombe datang lagi!
Ketombe datang lagi! 
3. Halo, matahari!
Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah berjemur. Langkah ini juga bisa digunakan untuk merawat ketombe rambut. Memang, berjemur dapat mengaktifkan vitamin E, yang membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepala. Kondisi ini akan mencegah Anda menyebabkan ketombe. Namun, jangan tan terlalu lama untuk menghindari kulit dan rambut terbakar.

4. Gabungkan rambut secara teratur
Untuk menyisir rambut Anda terdengar sepele. Namun, gerakan menyisir rambut dapat mengatasi masalah ketombe dengan merangsang produksi sebum untuk melembabkan kulit kepala. Selain itu, menyisir rambut juga menghilangkan kotoran atau jamur yang bertanggung jawab atas ketombe yang menempel di kulit kepala.

5. hair spa
Salah satu cara untuk menyeimbangkan kepadatan aktivitas Anda adalah dengan menjaga diri sendiri. Menikmati spa rambut dapat membuat Anda lebih rileks dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Selain itu, proses pijat kulit kepala dan masker rambut akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan lebih sehat serta sirkulasi darah. Langkah ini juga bisa mengatasi ketombe yang membandel.

6. Cuci rambut secara berkala
Aktivitas intensif tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak mencuci rambut. Memang, akumulasi kotoran justru akan menjadi jalan bagi jamur yang menyebabkan terbentuknya ketombe. Karena itu, cuci rambut Anda dengan shampo yang tepat setiap dua hari sekali. Ini dimaksudkan untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat.

7. Perhatikan komposisi sampo
Kesehatan rambut jelas merupakan impian bagi banyak orang. Karena itu, jangan menyalahgunakan shampo. Salah satu cara terbaik untuk memilih sampo adalah memperhatikan bahan-bahan yang dikandungnya. Misalnya, untuk menghindari ketombe, gunakan sampo yang mengandung tar batubara atau belerang. Bagi mereka yang memiliki kulit tebal, Anda bisa menggunakan sampo dengan pelembab ekstra.

8. Kembangkan air putih
Bagi mereka yang suka menyesap minuman berwarna-warni seperti teh, kopi atau soda, jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Kebiasaan ini ternyata menjadi penyebab ketombe yang tidak diketahui banyak orang. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan konsumsi air yang secara optimal menghidrasi sel-sel tubuh. Kondisi sel basah, terutama sel kulit, akan terhindar dari masalah ketombe.

9. Perhatikan konsumsi makanan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum mencegah ketombe adalah makanan. Jika memungkinkan, makan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Sel-sel sehat dalam tubuh tentu lebih optimal dalam bekerja, termasuk sel-sel kulit yang lebih basah dan lebih bergizi. Kondisi ini pasti akan mencegah ketombe dari datang.

Oleskan beberapa tips di atas untuk membebaskan rambut dari masalah ketombe yang berulang. Namun, jangan lupa untuk melakukannya secara teratur agar hasilnya lebih optimal.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment